Rabu, 08 September 2010

Jenis-Jenis Api Berdasarkan Warna,Suhu,dan Bahannya


- Pengertian Api
Api adalah zat panas yang ditimbulkan dari benda yang terbakar, berasal dari proses oksidasi sehingga berupa energi berintensitas yang bervariasi dan memiliki bentuk cahaya (dengan panjang gelombang juga di luar spektrum visual sehingga dapat tidak terlihat oleh mata manusia) dan panas yang juga dapat menimbulkan asap.
Api (warnanya-dipengaruhi oleh intensitas cahayanya) biasanya digunakan untuk menentukan apakah suatu bahan bakar termasuk dalam tingkatan kombusi sehingga dapat digunakan untuk keperluan manusia (misal digunakan sebagai bahan bakar api unggun, perapian atau kompor gas) atau tingkat pembakar yang keras yang bersifat sangat penghancur, membakar dengan tak terkendali sehingga merugikan manusia (misal, pembakaran pada gedung, hutan, dan sebagainya).
Penemuan cara membuat api merupakan salah satu hal yang paling berguna bagi manusia, karena dengan api, golongan hominids (manusia dan kerabatnya seperti kera) dapat aman dari hewan buas, memasak makanan, dan mendapat sumber cahaya serta menjaga dirinya agar tetap hangat.

Jenis-Jenis Api berdasarkan suhunya



api berwarna merah/kuning ini biasanya bersuhu dibawah 1000 derajat celcius.api jenis ini termasuk api yang "kurang panas" dikarenakan jarang atau kurang sering digunakan di pabrik2 industri baja/material.klo di matahari,api ini berada pada bagian paling luar nya.
api berwarna biru merupakan api yang mungkin sering kita jumpai.biasanya api ini sering kita lihat di kompor gas.rata2 suhu api yang berwarna biru kurang dari 2000 derajat celcius.api ini berbahan bakar gas dan mengalami pembakaran sempurna.

ini merupakan api paling panas yang diketahui.warna putihnya itu dikarenakan suhunya melebihi 2000 derajat celcius.api ini berada di dalam inti matahari,dan muncul akibat reaksi fusi oleh matahari.api ini paling banyak digunakan di pabrik2 yang memproduksi material besi dan sejenisnya.
 
Nah selain warna diatas,api juga memiliki warna lain.warna ini bukan karena suhu,tetapi dikarenakan bahan yang dibakar.penasaran?
Warna api pertama ditentukan oleh suhu. Dari warna merah, biru, hingga putih. Semakin panas suhunya, maka akan berubah menjadi biru lalu putih.
Selain itu, zat2 tertentu juga bisa merubah warna api (boleh dicoba):
Carmine Lithium Chloride
Red Strontium Chloride
Orange Calcium Chloride (a bleaching powder)
Yellow Sodium Chloride (table salt) or Sodium Carbonate
Yellowish Green Borax
Green Copper Sulfate
Blue Copper Chloride
Violet 3 parts Potassium Sulfate 1 part Potassium Nitrate (saltpeter)
Purple Potassium Chloride
White Magnesium Sulfate (Epsom salts)

contoh api berwarna hijau.bahan bakarnya green copper sulfate
 
api berwarna kuning.bahan bakarnya Yellow Sodium Chloride (table salt) or Sodium Carbonate
 

 
nih api berwarna biru gan,namun api biru ini bukan api yang bersuhu diatas 1000 derajat.ini api yg dibakar menggunakan Blue Copper Chloride
 
nah klo api putih ini juga bukan dikarenakan suhu gan.api warna ini bisa dibuat menggunakan White Magnesium Sulfate (Epsom salts)
 
nah klo semua bahan diatas dicampurkan,akan membentuk api yang berwarna warni gan. 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar